Thursday, December 1, 2011

What is the meaning of VICTORY?

Hari ini kepala pusing total, dari kemarin pun badan meriang kegirangan. Alhasil cuma bisa bikin sketsa di ranjang sambil guling-guling. Jadi kepikiran buat nanggepin pertanyaan dan rasa penasaran khalayak ramai akhir-akhir ini,hehe...

Percaya atau tidak sewaktu kecil, saya sering banget ikutan lomba, dari lomba nyanyi, lomba nari, tapi yang paling banyak saya ikutin itu lomba gambar. Dan hebatnya saya jaranggggg banget menang, hampir gak pernah, yah mungkin 1:100 lah kemenangan saya dalam perlombaan yang saya ikuti, jadi jangan berimajinasi kalo di rumah saya terdapat banyak piala gambar. SEDIH amat. Lucunya, setiap kalah saya cuek banget atau memang urat kecewa saya putus yah, gak bosen ikutan lomba walopun kalah melulu -______-

Semua kejadian itu terjadi sampai saya beranjak dewasa. Entah mengapa, ketika jaman kuliah dulu, saya pernah mengikuti satu perlombaan dan akhirnya menang (sekali-kalinya,AMAZING,haha), wah jadi smangat lah ikut lomba lagi, dan ketika ikutan lagi dengan saingan yang lebih gampang, kalah lagi dong, di saat itulah saya langsung lari ke kamar mandi di kampus, dan menangis sejadi-jadinya. Seperti sadar akan sesuatu, saya bertanya-tanya, ini lomba saingannya cetek, tapi kok kalah yah, dari kecil pun saya kalah terus, kenapa sih?! Apa ini kutukan? #halah. 

Merenungi nasiblah saya, 
Sepertinya memang hal terbaik ketika kita galau yaitu merenung sebentar, sampai pikiran kita kembali normal, dibanding curhat di twitter atau update status di FB panjang-panjang -____-
Kemenangan buat saya ternyata bukanlah saya memenangkan sebuah kompetisi yang notabennya itu JUST A GAME, kalo di game, pasti ada kalah menang, dan itu hal yang sangat wajar kalo menang yah seneng dan kalo kalah gak akan juga toh menangis meraung-raung. 
Kompetisi yang sebenarnya berada dalam zona kehidupan saya, ketika saya tidak bisa mempertahankan orang terbaik dalam hidup saya, dan saya musti kehilangan dia, atau mungkin kerjaan saya gak kepake, karya saya gak bisa dinikmati orang karena kacau, itulah saat dimana saya kalah telak, dan sebaliknya ketika saya mengajar seseorang dan orang itu menjadi luar biasa, kerjaan saya bikin klien puas, itulah kemenangan saya. Karena kehidupan saya bukan GAME. Dan terlalu rendah kalo saya musti nangis kalo kalah dalam sebuah kompetisi doang! 

Dari 18ribu wanita di Indonesia saya terpilih menjadi 10 besar gadis Sunsilk, sebenernya yang kepilih jadi 10 besar adalah dari 50 besar, dan saat itu 50 besar pun saya gak masuk karena votingnya gak nyampe, saya berada di urutan ke 54, tapi juri melihat saya, sampai akhinya saya justru yang terpilih menjadi 10 besar. Wah, menyenangkan yah?
Dan tiba saatnya dari 10 itu harus mengumpulkan voting untuk berangkat ke Paris, saya cuma berada di peringkat 6, lalu naik 2 peringkat jadi 4, tapi jauh banget memang votingnya sama yang pertama, dan akhirnya saya pun kalah. Nah, di sini seru, pertanyaannya adalah BAGAIMANA PERASAAN SAYA? HAHAHA, saya cuma pengen ketawa-ketawa rasanya, beneran saya pengen banget ke Paris, apalagi dapet ipad tapi kalo pun engga masakan saya musti nangis meraung-raung? atau menitikan air mata dan ingus? saya pikir gak perlu deh, ini cuma GAME. Bukan esensi sebuah kemenangan, dari awal pun saya slalu bilang kemenangan saya bukanlah ketika saya menerima award, tapi ketika saya berjuang dan orang-orang sekitar saya mendukung saya, itulah kemenangan saya. Saya sudah menang, dan saya gak merasa kalah eniwe, apalagi voting-votingan. Jujurnya, saya gak sedih, dibandingkan pernah sekali waktu saya pameran dan saya rasa saya gak bikin yang terbaik, pas pameran tiba, orang-orang memuji karya saya, tapi hati saya tetep sedih, rasanya saya belum maksimal, dan sepanjang jalan kenangan sampai ke rumah, saya nangis gak berenti, masalahnya apa sih? orang-orang suka kok sama karyanya, masalahnya ada dalam diri saya, saya merasa saya kalah karena gak maksimal aja.

Jadi kalo kali ini dalam sebuah kompetisi saya belum menang, it's okey lahhh.. Gak ke Paris? pengen sih, cuma lebih pengen ke Paris berdua deh ntar sama si doi, dibanding sendirian, tempat romansa picisan gitu.
Yang pasti,
Rencana Tuhan dalam hidup saya gak pernah MISS kecuali saya yang MISLEUK(error).






5 comments:

Shandi Wijaya said...

IT's so really really really inspired me castelll..In my opinion, you are the winner hehehe...semangat!!!!

artika maya said...

kalah menang itu biasa, tp selalu bangkit lagi stlh kekalahan itu luar biasa.
kalah menang di sini dlm arti hidup kita ya, bukan kontes dan sejenisnya.
keep spirit tella ^^

Kevin said...

10 besar dari 18ribu sudah sangat bagus kali.

btw.
sekarang juga sudah di paris kan?
paris van java tapi? :kidding:

:pisss

Salam kenal

ranie esem said...

you are my inspiration cici cantikkk...!! you're still the winner in our heart, lewat karya + kehidupan cc yg memberkati banyak orang.. cepet sembuh :D

Carolina Budi Suwandi said...

cepet sembuh eaa..