Wednesday, September 28, 2011

Kesimpulannya adalah?


Menurut gue, karya adalah hasil dari keintiman seniman dengan sesuatu, entah itu pikirannya, perasaannya, egonya, sehingga semuanya itu melebur menjadi sebuah penciptaan baru.

Dan gue baru aja sadar, semuanya itu mengesampingkan ESTETIKA, ternyata dalam berkarya estetika ga penting lagi, jauh dari semua keindahan yang bisa tercipta, yang terpenting adalah ketika karya (si anak) bisa berbicara (dalam artian bisa dirasain, orang-orang bisa ngerasa apa yang seniman itu rasa.

Jadi, sesuatu baru bisa dikatakan masterpiece,. JIKA sesuatu itu hasil dari sebuah KEINTIMAN. Itu bahasa langitnya, bahasa buminya adalah bisa dapet FEELnya. Dan diluar itu berarti, lu lagi bikin anak HARAM! Karena gak ada FEELnya.

Gue sih gak lagi ngawang-ngawang. Gue lagi berproses (makanya ada pelajaran kulihe proses kreatif).  Jujurnya gak smua karya gue itu jujur kok, kadang pura-pura, kadang nipu, kadang muslihat. Sedih yah*
Etlis kesadaran ini, dan hasil perenungan ini, bakalan membawa gue untuk  lebih EXPERT.

No comments: